Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Beberapa Pengertian Dasar Dalam Statistik

Statistika diperlukan dalam riset ilmu alam, sosial, Teknik, ekonomi, industri, dan sebagainya. Pada mulanya pengertian statistik identik dengan sekumpulan data yang berwujud angka-angka (data kuantitatif), misalnya statistik penduduk dan statistik penjualan, juga untuk menyatakan suatu ukuran sebagai wakil dari sekumpulan data. Misalkan rata-rata perolehan nilai matematika pada UTBK 2021 pada SMAK 7 PENABUR Jakarta adalah 579,313. Nilai rata-rata 579,313 ini dinamakan statistik. Untuk itu perlu dibedakan antara statistik sebagai sekumpulan data kuatitatif (ukuran) dengan statistik sebagai metode. Dalam Bahasa Inggris, data kuantitatif dikenal sebagai statistic, sedangkan metodenya dikenal sebagai statitics. Dalam Bahasa Indonesia statistika setara dengan statistics dan statistik setara dengan statistic.

Statistika dan Statistik

  • Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan.
  • Statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya.

Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kumpulan data berbetuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karateristik dari data itu.

ILUSTRASI

Pada tabel 1 diperlihatkan statistik pendidikan tentang banyaknya siswa sekolah di daerah A menurut tingkat pendidikan dan jenis kelamin pada tahun 2021.


Statistik dapat digunakan untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan fakta, sehingga dapat melukiskan masalah atau memberikan gambaran suatu masalah.

ILUSTRASI

  1. Berat badan bayi yang lahir di daerah A rata-rata 3.100 gram.
  2. Tingkat pendidikan penduduk di kelurahan C 75% SMA.
  3. Kecelakaan pesawat terbang di Indonesia disebabkan oleh faktor kondisi cuaca.
Populasi dan Sampel

Keseluruhan objek yang akan diteliti dinamakan populasi, sedangkan sebagian dari populasi yang benar-benar diteliti dinamakan sampel atau contoh. Sampel yang akan diteliti harus dapat mewakili gambaran yang benar terhadap populasi (representatif). Metode penentuan sampel yang representatif dipelajari secara khusus dalam teori sampling (teori pengambilan sampel).

ILUSTRASI:

Sebuah perusahan farmasi yang memproduksi sejenis obat tertentu menyatakan bahwa kemampuan obat itu dalam menyebuhkan penyakit kanker 0,8. Untuk menguji pernyataan ini, departemen kesehatan khususnya bagian pengawasan obat dan makanan mengadakan pengujian terhadap 100 orang penderita penyakit kanker yang diambil secara acak (random) dari 500 penderita, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan dan keputusan untuk merekomendasikan obat itu diterima atau tidak.

Dalam kasus itu, kelima ratus orang penderita kanker dinamakan populasi dan 100 orang yang diteliti (diuji) dinamakan sampel.

Pengertian Datum dan Data

Fakta (keterangan) tentang suatu masalah dapat berbetuk kategori (sifat), misalknya rusak, baik, senang dan gagal atau berbentuk bilangan. Kesemuanya dinamakan data atau statistik.

Datum adalah keterangan (informasi) yang diperoleh dari suatu pengamatan dapat berupa angka, lambang atau sifat. Kumpulan datum dinamakan data. Dengan demikian, data adalah bentuk jamak dari datum.

Pengumpulan data untuk analisis statistik dapat dilakukan dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus (tally).

ILUSTRASI


Data Ukuran dan Data Cacahan
  • Data ukuran (data kontinu) merupakan data yang diperoleh dari hasil pengukuran.

ILUSTRASI

Berat badan lima orang siswa setelah diukur masing-masing 40 kg, 42 kg, 45 kg dan 50 kg. Berat badan itu merupakan data ukuran.

  • Data cacahan (data diskrit) merupakan data yang diperoleh dari hasil membilang atau menghitung.

ILUSTRASI:

Korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan sepatu “Laras” berjumlah 40 orang.

Data Kuantitatif dan Data Kualitatif
  • Data kuantitatif adalah data yang berupa bilangan. Data diskrit dan data kontinu termasuk data kuantitatif.

ILUSTRASI: data berat badan, data jumlah siswa dan sebagainya.

  • Data kualitatif adalah data yang dikategorikan menurut kualitas objek yang dipelajari. Golongan ini dikenal pula dengan nama atribut.

ILUSTRASI:

Rusak, baik, senang, puas, gemar, berhasil dan sebagainya.

Data Primer, Data Sekunder dan Data Mentah

Menurut cara memperolehnya, data dikelompokkan menjadi tiga macam:

  • data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh organisasi yang menerbitkannya.
  • data sekunder adalah data yang diterbitkan oleh organisasi yang bukan merupakan pengolahnya.
  • data mentah adalah data yang baru dikumpulkan dan belum pernah mengalami pengolahan apapun.
Pengumpualan, Pembulatan, dan Pemeriksaan Terhadap Data

(a) Pengumpulan Data

Pengumpualan data dapat dilakukan dengan beberapa metode di antaranya:

  • Penelitian lapangan (pengamatan langsung/observasi/tes)
  • Studi literatur
  • Angket (kuisioner)
  • wawancara
(b) Pembulatan Data

Aturan pembulatan data sebagai berikut:

Aturan 1

Jika angka paling kecil dari yang harus dihilangkan 4 atau kurang maka angka paing kanan dari yang mendahuluinya tidak berubah.

Aturan 2

Jika angka paling kiri dari yang harus dihilangkan lebih dari 5 diikuti angka bukan nol, maka angka paling kanan dari yang mendahuluinya bertambah dengan 1.

Aturan 3

Jika angka paling kiri dari yang harus dihilangkan hanya angka 5 atau 5 yang diikuti oleh angka-angka nol, maka angka paling kanan dari yang mendahuluinya tetap jika angka tersebut genap, bertambah satu jika angka tersebut ganjil.

KLIK DISINI: PEMBAHASAN SOAL

(c) Pemeriksaan Data

Pemeriksaan data ditempuh untuk menghindari kekeliruan ataupun ketidakbenaran data yang mungkin disebabkan oleh alat ukur yang tidak tepat (tidak akurat), kurang teliti membaca alat-alat untuk mendapatkan data, atau kurang telitinya pencatatan data atau menyalin data sehingga didapat data yang kebenarannya diragukan (tidak dipercaya).

Dengan demikian kita harus melakukan pemeriksaan-pemeriksaaan seperti apakah alat ukur sudah tepat? Apakah ada data yang meragukan? Apakah semua pertanyaan dalam angket sudah diisi responden? dan sebagainya.

Mencatat Data dengan Tally

Frekuensi setiap data yang disajikan dalam table distribusi frekuensi data tunggal ataupun data berkelompok, dapat dicatat dengan pertolongan tally (turus atau tabulasi). Misalnya tanda tally |||| bernilai 4, |||| |||  bernilai 8. Dalam uraian ini kita akan mengemukakan table distribusi frekuensi untuk data tunggal terlebih dahulu.

Nilai statistik yang dipandang dapat mewakili kumpulan suatu data ada 3 buah, yaitu rataan hitung (mean), median, dan modus. Ketiga statistik ini dikenal sebagai ukuran tendensi sentra atau kecenderungan memusat.

KLIK DISINI: PEMBAHASAN SOAL


Silakan Klik Jika beri Komentar

Post a Comment for "Beberapa Pengertian Dasar Dalam Statistik"