Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Bilangan Kompleks??

Pengertian Bilangan Kompleks

Pengenalan bilangan kompleks memainkan peran yang sangat penting dalam teori bilangan.

Persamaan x2 + 5 = 0, x2 + 10 = 0, x2 = -1 tidak dapat dipecahkan dalam sistem bilangan real, yaitu persamaan ini tidak memiliki akar nyata.

Misalnya, i adalah solusi dari persamaan x2 = -1 dan i memiliki dua solusi yaitu, x = ± i, di mana  √(-1).

Bilangan i disebut bilangan imajiner. Secara umum, akar kuadrat dari setiap bilangan real negatif disebut bilangan imajiner.

Konsep bilangan imajiner pertama kali diperkenalkan oleh ahli matematika "Euler". Dia adalah orang yang memperkenalkan i (dibaca sebagai ‘iota’) untuk mewakili √(-1). Dia juga mendefinisikan i2 = -1.

Definisi bilangan kompleks:
Bilangan kompleks z didefinisikan sebagai pasangan urutan bilangan real dan ditulis sebagai z = (a, b) atau, z = a + ib, di mana a, b adalah bilangan real dan i = √(-1).

Dengan kata lain, dalam pasangan terurut (a, b) dari dua bilangan real a dan b diwakili oleh simbol a + ib (di mana i = √-1) maka pasangan urutan (a, b) disebut bilangan kompleks (atau, bilangan imajiner).

Contoh bilangan kompleks:

1 + 2i, -1 + 6i, 5 - 2i, 2 + i√2, 2 + i, dan lain-lain. Semuanya adalah bilangan kompleks.

Bagian nyata dan imajiner dari bilangan kompleks:

Menurut definisi jika bilangan kompleks (a, b) dilambangkan dengan z maka z = (a, b) = a + ib (a, b ϵ R) di mana a disebut bagian nyata, dilambangkan dengan Re(z) dan b disebut bagian imajiner, dilambangkan dengan Im (z).

Dengan kata lain, dalam z = a + ib (a, b ϵ R), jika a = 0 dan b = 1 maka z = 0 + i ∙ 1 = i, dan i mewakili satuan kuantitas kompleks.

Untuk alasan ini, bilangan real a disebut bagian nyata dari bilangan kompleks z = a + ib dan b disebut bagian imajinernya.

Dalam z = a + ib (a, b ϵ R), jika b = 0 maka z = (a, 0) = a + 0 ∙ i = a, (yang merupakan bagian nyata) yaitu, bilangan kompleks (a, 0) mewakili bilangan real murni.

Sekali lagi, dalam z = a + ib (a, b ϵ R), jika a = 0 dan b ≠ 0 maka z = (0, b) = 0 + ib = ib yang disebut bilangan imajiner murni. Oleh karena itu, bilangan kompleks z = a + ib (a, b ϵ R), berkurang menjadi bilangan imajiner murni ketika a = 0.

Persamaan dua bilangan kompleks:

Dua bilangan kompleks z1 = a + ib dan z2 = c + id

Dua bilangan kompleks z1 = (a, b) = a + ib dan z2 = (c, d) = c + id disebut sama, ditulis sebagai z1 = z2 jika dan hanya jika a = c dan b = d.

Secara umum, ketika bagian nyata dan imajiner dari salah satu bilangan kompleks masing-masing sama dengan bagian nyata dan imajiner dari bilangan kompleks lainnya, maka keduanya sama.
Misalnya, jika bilangan kompleks z1 = x + iy dan z2 = -8 + 3i sama, maka x = -8 dan y = 3.

Catatan: Pasangan berurutan (a, b) dan (b, a) mewakili dua bilangan kompleks yang berbeda ketika a ≠ b.
Silakan Klik Jika beri Komentar

Post a Comment for "Apa itu Bilangan Kompleks??"